Hanya Tersedia 202 Lowongan Kerja

Hanya Tersedia 202 Lowongan Kerja,- Lowongan pekerjaan yang ada di Tarakan tak sepadan dengan jumlah pencari kerja. Data Dinas Sosial serta Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tarakan, terdaftar sejumlah 1. 000 pencari kerja yang belum memperoleh pekerjaan. 

Beberapa pencari kerja itu datang dari beragam latar belakang pendidikan, mulai tingkat SMP sampai sarjana. Hal semacam itu juga jadi masalah yang cukup serius untuk pemerintah Tarakan untuk selekasnya buka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. 

Kepala Dinsosnaker Tarakan M Zaini menyampaikan, dari 30 perusahaan yang ambillah sisi dalam job fair, Rabu (16/11), cuma 202 lowongan pekerjaan yang ada. Sesaat jumlah pencari kerja yang memasukkan lamaran meraih beberapa ratus orang. 

“Nah, lowongan juga masihlah terbatas. Maka dari itu kita mengadakan job fair ini paling tak ada pertemuan pada pencari kerja sama perusahaan. Semoga angka pengangguran menyusut, ” harapnya. 
Di segi lain, keperluan perusahaan pada tenaga kerja juga alami penurunan. Itu dapat diliat dari aktivitas job fair yang di gelar Dinsosnaker pada th. ini serta th. lantas. 

Menurut Kepala Bagian Tenaga Kerja Dinsosnaker Tarakan Hanto Bismoko, jumlah lowongan pekerjaan yang ada pada job fair th. lantas masihlah semakin banyak, meraih 718 lowongan kerja dari 40 perusahaan, walau pada akhirnya daya serap cuma meraih 357 orang, lantaran tidak cocok dengan keperluan perusahaan. 

Sedang th. ini, cuma meraih 202 lowongan kerja. Itu juga sebagian perusahaan besar seperti PT Intraca yang umumnya banyak memerlukan tenaga kerja, tak ambillah sisi. Job fair th. ini lebih didominasi perusahaan layanan seperti perbankan serta finance atau pembiayaan. 

“Tahun ini, cuma 202 (lowongan). Lantaran ini cuma layanan, finance. Bila industri cuma Idec serta SKA. Lain bila industri agak besar penyerapannya. Bila layanan paling lima orang, ” jelasnya. 
Hanya Tersedia 202 Lowongan Kerja | Harga Jitu | 5